PIMNAS 29 - Kontingen Universitas Indonesia PKM-Karsa Cipta


8-12 Agustus 2016

Merupakan hari yang cukup bersejarah bagi saya. Pekan tersebut merupakan pekan diadakannya PIMNAS yang ke-29 di Institut Pertanian Bogor (IPB), sebagai tuan rumah tahun ini. Awalnya saya benar-benar tidak menyangka jika alat kami yang kami beri nama RTTS (Real-Time Telemonitoring System) dapat melaju ke PIMNAS. Pasalnya, saat monitoring evaluasi external terakhir, saya berhalangan hadir dan tim saya hanya diwakili oleh 3 orang teman saya.

Sebenarnya, pengumuman dari DIKTI tentang siapa saja yang berhak melangkah ke PIMNAS baru dipublikasikan seminggu sebelum PIMNAS tersebut dilaksanakan. Alhasil kalang kabut lah kita. Rekan saya yang berperan sebagai software-hardware-engineer sekaligus pencetus ide ini sudah bekerja dan harus menghabiskan waktunya setiap hari di kantor. Kami pun hanya bisa mengerjakan bersama di malam hari. Setiap malam akhirnya kami habiskan untuk mengerjakan alat, membuat web, poster, menyusun laporan akhir, mengorganisir powerpoint, dll. Di pagi harinya kami biasa melakukan drilling presentasi dengan dosen di UI. Lelah memang, terlebih ini kali pertamanya bagi kami mengikuti ajang karya tulis ilmiah (apalagi ini tingkat Nasional dan nama baik UI).

Sekarang, marilah kita tela'ah lebih lanjut selama sepekan, kompetisi ilmiah tersebut berlangsung.

8 Agustus 2016


Hari pertama PIMNAS. Kontingen UI berangkat dari rektorat UI, dan saya menjadi orang yang paling ditunggu (read: paling telat datengnya hihi). Jadi, semalaman saya dan tim menginap di kampus untuk menyelesaikan alat, ppt, dll. Alhasil kami baru bisa kembali ke kos pada pukul 4.00 pagi (dalam kondisi belum tidur seharian). Saat itu juga saya mulai tidur~ dan hasilnya kesiangan. /oke skip/.
Sesampainya kami di IPB, ternyata kontingen UI terbilang sangat tidak prepare (kelompok saya). Kami tidak membawa print out registrasi, foto diri, dll... Alhasil, paniklah kami. Saat itu saya kira, jika telah melakukan semua registrasi online, maka tidak perlu lagi repot-repot mencetak formulir dan semua dokumen yang telah kami upload (masukan juga nih buat panitianya).

9 Agustus 2016

Poster Presentation Day! Hari ini merupakan hari di mana penilaian terhadap poster dilakukan. Hanya ada satu orang yang boleh menjaga booth poster. Terdapat tiga orang juri yang bertugas memberi penilaian.
Setelah presentasi poster, siangnya akan langsung diadakan penilaian presentasi terhadap karya tulis. Kelompok yang maju ke depan ditentukan berdasarkan undian yang dilaksanakan saat itu juga. Akan tetapi tim kami belum kebagian maju pada hari itu.
Alhamdulillah hari itu berjalan lancar.

10 Agustus 2016

Presentation day! Hari ini kami maju melakukan presentasi. Awalnya saya sangat nerves, karena kelompok yang lain bagus-bagus presentasinya menurut saya. Tapi, sekarang bukan saatnya untuk minder! Ini adalah waktu yang tepat untuk menunjukkan kemampuan kami tim dari UI, mengerahkan segala yang kami punya, mengasah ide dan otak untuk menggali pengetahuan untuk menjawab semua pertanyaan dewan juri.
Alhamdulillah, saat presentasi selesai, lega sekali. Rasanya kami telah melakukan yang terbaik yang dapat kami lakukan :)

11 Agustus 2016

Pengumuman Juara Poster

Sehabis maghrib, kami bersiap menuju GGW IPB untuk menyaksikan penutupan PIMNAS sekaligus pemberian penghargaan kepada juara. Saat itu banyak anak-anak BEM yang datang jadi supporter. Semakin deg-degan, takut kalau kami nanti mengecewakan. Satu persatu acara penutupan pun di mulai. Tibalah saat pembacaan peraih medali. Diawali dengan peraih medali kategori Poster untuk PKM-GT. Jujur, saya menaruh harapan yang sangat besar untuk kategori poster ini. KArena saya rasa, di kelas para presenter nya bagus-bagus, bombastis, dan sangat meyakinkan (walaupun sebenarnya menurut saya pribadi alatnya biasa saja mereka :peace :v). Dari mulai awal sampai akhir dibacakannya pengumuman medali untuk kategori poster, kontingen UI tidak juga ada yang berhasil menyabet medali. Sampai tibalah waktu PKM-KC Kelas 4 diumumkan terakhir. Saya sangat deg-degan karena saya pikir hanya inilah harapan kami. Akan tetapi, kami belum diizinkan menang untuk kategori poster. Sudah lemas sih sebenarnya, tidak berharap pada presentasi.

Pengumuman Juara Presentasi

Universitas lain telah banyak disebutkan mendapat medali dan maju ke podium. Saat itu saya sudah pesimis. Akan tetapi tiba-tiba nama UI diumumkan sebagai peraih medali perunggu untuk PKM-P dan emas untuk PKM-M. Saat itu saya sangat bahagia, walaupun PKM-KC belum diumumkan. SEtelahnya, tiba saatnya diumumkan mengenai PKM-KC, dari kelas 1-2-3 Tim UI belum beruntung mendapat medali. Sampai akhirnya diumumkan untuk kelas terakhir dan sekaligus menutup acara pemberian medali, tim kami, RTTS dari Universitas Indonesia dipanggil sebagai peraih medali perunggu. Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT dengan segala karunia-Nya.



0 comments:

Post a Comment